hal-hal tentang brand awareness yang perlu kalian ketahui

  Apakah kalian sebagai konsumen mengingat sebuah merk, nama brand/produk, icon, gambar, slogan suatu brand atau produk, kalau memanag ia maka itulah yang disebut dengan brand awareness, jika diartikan brand awareness merupakan suatu kemampuan yang dimana mengingat atau mengenali seperti yang disebutkan diatas yang merupakan iklan atau promosi produk atau brand ter sebut. 
  Dengan kata lain brand awareness merupakan kemampuan costemer (pembeli) untuk mengenal atau mengingat brand yang berpengaruh besar bagi costemer dan berperan besar dalam keputunnya untuk membeli produk tersebut. 

Kenapa brand awareness berperan penting??

Kenapa brand awereness sangat penting bagi suatu bisnis, karena dengan brand awereness kalian bisa meningkatkan penjualan produk kalian, mengapa demikian karena dengan brand awareness pembeli akan membeli untuk pertama kalinya, dan bahkan sipembeli akan membeli dari bisnis kalian beberapa kali bahkan bisa saja membeli dari bisnis kalian secara terus menerus.

  Seperti sikap orang orang yang membeli produk pada barang atau jasa pada pada suatu brand dan orang akan lebih percaya memasan lewat brand yang sudah mereka kenali dan percaya sebelumnya contoh apa saja yang dikenali oleh pembeli iklan, produk, icon, slogan dan lain-lain yang masih sehubungan dengan produk.
  Dan apa bila sang pembeli merasa sangat puas dengan produk anda maka mereka akan kembali memesan dan memesan dari brand kalian, dan bisa saja brand kalian dipromasikan oleh sang pembeli ketika sang pembeli merasa sangat puas dengan brand anda. 
  Selain itu brand awareness akan selalu dimonitor apabila ada penurunan terhadap bisnis anda,   perusahaan perusahaan selalu memantau dan memiki strategi iklan mereka sendiri dan melakukan pemasaran hingga kelevel awareness, dalam bisnis marketing ini bisa juga disebut dengan planing yaitu perencanaan pemasaran, dan strategi depeloment pengembangan strategi.
  Selain itu dengan brand awareness anda dapat menambah nilai bagi produk, jasa hingga perusahaan, salah satu kunci agar bisnis kalian bertahan dan semakin maju ialah dengan cara, berinsvestasi dan membangun brand awareness.

Tingkatan - tingkatan brand awareness.

   Jika kalian berfikir bahwa brand awareness hanya memiliki satu tinggkatan berarti anda salah kerena brand awareness memiliki tiga tinggkatan antara lain. 
1. Brand recognition
  Brand ini sering juga disebut dengan nama aided recall, keuntungan dari brand recognition adalah kemampuan konsumen untuk mengenali brand atau produk. 
 Terapi konsumen belum tentu mengingat mereka, tapi konsumen mengenalinya dengan melihat promosi/iklan, icon, atau slogan. 
2. Brand recall
  Brand recall merupakan kemampuan yang mengacu kepada konsumen nama sebuah merek pada ingatan mereka yang yang berada dalam kategori produk, selain itu jenis ini biasa juga disebut juga unaided recall atau bisa juga atau spontaneuos recall. 
  Dengan kata lain ketika konsumen dapat mengingat produk atau brand kalian dengan cara melihat sekilas atau mengingat produk atau brand tersebut, jika audah seperti ini maka para konaumen dan calon pembeli memiliki ingatan tentang produk atau brand kalian. 
  Kemampuan tersebut dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain loyality dan frekuensi pemakaiaan produk. 
3. Top of mind awareness 
  Yang dimaksud dengan top of mind awareness adalah sesuatu hal yang muncul dibenak konsumen entah itu brand atau produk, dan memikirkan jenis produk atau mengacu pada industri.

Lalu bagaimana cara mengukur brand awereness tersebut??? 

  Kalian pasti penasaran atau merasa bingun bagaimana cara megukur level dari brand awereness tersebut, nah jika kalian ingin mengetahuinya sebenarnya ada banyak cara yang bisa kalian lakukan diantaranya dengan cara survey. 

Survey
  Survey merupakan kumpulan data yang dapat menjadi penentu saatu data atau informasi, seperti memberikan pertanyaan - pertanyaan yang dikumpulkan dari responden atau individu dan berisi kumpulan informasi yang mewakili individu untuk mengumpulkan data
  Mengapa haris survey selain karena untuk mengumpulkan informasi kita juga bisa mendaptkan informasi yang lebih akurat, jadi dengan cara survey kalian bisa mengukur level brand awereness.
  Selain itu surbey dibagi menjadi dua kategori yang berbeda diantaranya. 

1. Aided recall test ini merupakan jenis survey yang dapat kalian gunakan untuk mengukur brand recognition, contoh dari survey ini adalah orang akan di berikan pilihan mana produk yang pernah mereka lihat, kalian bisa mengukurnya lewat survey tersebut. 
  Dapi biasa bukan itu saja yang ditanyakan tapi bisa juga meliputi warna, icon, slogan, dan lain lain yang masih berkaitan dengan brand atau produk kalian. 

2. Unaided recall survey, ini adalah survey yang digunakan untuk mengukur recall survey  untuk cara ini orang yang mengikuti survey hanya disuruh memilih mana produk yang pertama kali dibenak mereka, dan hanya diberikan satu kategori pada satu survey. 

Mengecek naik turunnya website kalian

  Untuk cara ini sebenarnya cukup mudah kalian hanya perlu memantau analytics, kalian dapat memantau apakah ada penurunan pada website kalian atau bahakan ada peningkatan, untuk cara ini kalian bisa memanfaatkan google analytics. untuk melihat trafik, share, external link, coment, dan lain-lain, kalian bisa melihat prilaku penjunjung web kalian pada google analytics.
  Dengan cara ini kalian bisa mengetahui tindak atau gerak gerik pengunjung website anda.

Sosial media

  Media sosial, dengan media sosial dengan memiliki media sosial dan anda aktif didalamnya sama saja dengan mempromosikan bisnis anda, bahkan dengan media sosial anda dapat mengukur level brand awareness, dengan cara melihat jumlah followers, like, retweet, dan lain-lain anda dapat mengukur level brand awareness lewat hal tersebut.

 Hal yang disebutkan diatas merupakan merupakan cara untuk mengukur level dari brand awareness.

Bagaiman cara  membangun brand awereness 

  Pada keterangan diatas kita sudah membahas tentang hal hal brand awereness tapi pada keterangan diatas kita tidak membahas tentang cara membangaun brand awereness jadi berikut merupakan cara membagun brand awereness berikut. 

1. Sosmed
  Langka pertama untuk membangun brand awereness adalah dengan menamfaatkan media sosial, dengan media aoaial anda dapat berinteraksi dengan konsumen maupun caolon konsumen, apa lagi dalam brand awareness media sosial sangat penting untuk membangun brand tersebut. 
  Bukan hanya produk yang perlu kalian juga fokuskan tetapi juga konsumen, dengan media sosial anda dapat berinteraksi konsumen maupub dengan calon konsumen.
  Dengan cara ini anda dapat membangun brand experience yang sesuai dengan keinginan konsumen, dengan cara yaitu melibatkan konsumen sebagai brand narrative anda. 
 Dengan cara ini anda membantu konsumen untuk menigkatkan rasa kepercayaan, melalui cara cara marketing dan advertising tradisional, dengan cara ini dapat membantu brand anda dan membantu menjangkau konsumen yang jauh lebih luas dari sebelumnya. 

2. Konten marketing 
  Untuk membuat konten marketing pertama tama anda harus membuat konten yang menarik, relavan, dan memiliki nilai dimata konsumen maupun calon konsumen.
  Dengan membuat konten anda dapat membantu menjadi seorang expert didalamnya, dan ini juga dapat membantu meningkatkan bisnis dan level brand awareness anda.

 Dan masih banyak lagi segai berikut
• vidio marketing
• influencer marketing
• event marketing
• sponsorship 
• merchandise
• Dan lain sebagainya

Itulah sedikit hal hal tentang brand awareness semoga bermanfaat sampai jumpa dilain artikel.
sumber:rakyatbanyakbacot.eu.org 
Copyright © 2020-2022 Safelink IDRakyat
All rights reserved